cms
CMS

Apa itu Content Management System

Sudahkah anda tahu Apa itu Content Management System?  CMS saat ini banyak menjadi andalan untuk mengembangkan sebuah situs atau blog. Perkembangan CMS yang sangat pesat membuat banyak macam CMS bermunculan. 

Pengertian Content Management System

Content Management System atau juga disingkat sebagai CMS merupakan perangkat lunak ataupun system yang berfungsi untuk mengatur konten yang ada pada situs website baik itu situs web yang berupa e-commerce, blog, company profile, ataupun yang lainnya. 

CMS ini bisa diibaratkan sebagai produk pembuatan situs instant yang disediakan oleh internet. Dengan CMS, anda bisa berkolaborasi dalam proses pembuatan, penyuntingan, maupun produksi content digital tanpa harus memiliki teknik atau bahasa pemrograman. CMS membantu pemilik situs dalam menulis content, menjadikan headline dan mengatur SEO. Singkatnya, CMS ini alat yang digunakan untuk membantu mengembangkan website tanpa menulis kode dari awal. 

Manfaat CMS 

Seperti dijelaskan di awal, CMS memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk membuat halaman website yang menarik tanpa harus mengerti bagaimana membuat website dari awal. CMS saat ini sudah berkeembang tidak hanya untuk blogger, namun juga perdagangan digital. Saat ini banyak CMS yang ditujukan untuk ecommerce. 

Alasan Perlunya Menggunakan CMS

  • Efisiensi. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat situs dari awal, menggunakan CMS adalah alat yang tepat. Dengan biaya yang terjangkau, bahkan anda bisa membayar seseorang untuk mengerjakan content situs yang anda miliki. 
  • Mudah dan cepat. Jika anda adalah seseorang yang awam dengan bahasa pemrograman, maka CMS sangat tepat untuk anda. CMS memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya dimulai dari proses instalasi hingga proses maintenance dan update content. 
  • Pemisahan Konten yang mudah. Fitur yang diberikan oleh CMS sangat lengkap. Anda bahkan bisa mengatur banyak hal dengan menggunakan CMS di halaman admin yang merupakan satu paket dengan menginstal CMS. Jika anda ingin menambah fitur lain anda bisa menggunakan fitur instalasi plugin yang sudah disediakan. 
  • Dapat ditambahkan dengan beberapa user. Jika usaha yang dibangun dikerjakan oleh beberapa orang maka akan dibutuhkan beberapa akun untuk mengelola situs dan membuat content. CMS memberikan kebebasan bagi anda untuk menambah user sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Hak akses yang disediakan juga bisa di personalisasi untuk menjamin keamanan. 

Contoh Content Management System

  • WordPress 

WordPress sangat popular bagi pengguna blog. WordPress ini memiliki banyak keunggulan dan fitur. 

  • Joomla

Joomla adalah salah satu CMS yang meskipun tidak sepopuler WordPress namun saat ini masih banyak situs yang menggunakan Joomla. Sama seperti WordPress, Joomla juga memiliki plugin yang bisa dimanfaatkan. Joomla adalah salah satu CMS yang dianggap fleksibel. 

  • Drupal

Drupal memiliki pendekatan keamanan yang serius. Drupal menawarkan kemudahan bagi penggunanya. CMS Drupal ini merupakan open source sehingga anda bisa menggunakan untuk website tanpa mengeluarkan biaya lebih. 

  • Modx

Jika anda hendak menggunakan Modx, anda sebaiknya memiliki pengetahuan dasar dengan HTML ataupun PHP. 

Fitur Yang Ada dalam CMS 

Meskipun ada beberapa pilihan CMS, namun demikian ada beberapa fitur utama yang harus ada dalam sebuah CMS. 

  • Manajemen Kontent. 

Sebuah CMS yang baik harus memiliki fitur yang memungkinkan anda dalam membuat, mengedit, mengeunggah serta mengelola dari content web baik itu berupa teks, gambar atau video. 

  • Presentasi 

Website biasanya diakses dari berbagai perangkat. Oleh karena itu, optimalisasi tampilan website di berbagai perangkat sangat penting. Dengan menggunakan CMS, anda hanya perlu membuat content sekali dan CMS akan menyesuaikan tampilan secara otomatis di berbagai perangkat. 

  • Integrasi. 

CMS memberikan penggunanya kemudahan dalam mengintegrasikan berbagai platform dan aplikasi dalam satu wadah. 

  • Commerce. 

Fitur lain yang penting adalah urusan commerce atau perdagangan. CMS dapat menghubungkan content marketing anda dengan menggunakan sistem perdagangan digital. 

  • Personalisasi. 

CMS yang baik harus dapat menargetkan content yang relevan kepada pengunjung dari website berdasarkan lokasi, kepribadian, minat, umur, serta interaksi dengan brand yang sudah dilakukan sebelumnya. 

  • Tata kelola

Sangat penting untuk mengelola dimana content tersebut akan diletakkan sehingga bisa diubah untuk di kemudian hari. Tata kelola ini juga meliputi siapa saja yang bisa mengubah, menyetujui, mempublikasikan ataupun menghapus. 

  • Analisis. 

Laporan data analisis dari pengunjung website akan memberikan berbagai keuntungan, diantaranya mengetahui content mana yang lebih banyak menarik pengunjung dan rataan pengunjung website anda. 

CMS memberikan anda kesederhanaan namun kemampuan yang handal agar content anda maksimal. Jika anda peduli dengan SEO, di CMS ada fitur yang khusus mengoptimalkan SEO pada situs website anda. Jika SEO ini berjalan dengan baik, content anda akan berada di peringkat atas di mesin pencarian. Setelah anda mengetahui Apa itu Content Management System, contoh, fitur dan cara kerja, kini anda bisa memilih CMS yang mudah dan juga sesuai dengan kebutuhan untuk mengembangkan website anda. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *