website sekolah
Tips

Menggunakan CMS Terbaik Untuk Website Sekolah

Apa saja content management system Terbaik Untuk Website Sekolah? Keberadaan website menjadi kebutuhan primer untuk sumber informasi dan edukasi. Website sekolah menjadi krusial karena menjadi acuan bagi orang tua dan siswa untuk mengakses kabar terbaru yang berkaitan dengan aktivitas sekolah termasuk penerimaan siswa baru. 

Hal Yang perlu Diketahui Sebelum Membuat Website Sekolah 

Jika anda hendak membuat website sekolah, maka ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar website yang anda buat berjalan dengan baik dan optimal sebagaimana mestinya. 

  1. Pelajari tipe dari CMS atau Script yang akan digunakan. 

Ada berbagai macam tipe CMS dan script yang bisa anda gunakan untuk membuat website sekolah. Tipe CMS yang populer digunakan adalah WordPress. Pilihan lain untuk membuat website sekolah adalah Joomla, Drupal atau HTML. 

  • Ketahui informasi penting yang wajib ada dalam website sekolah. 

Ada beberapa informasi penting yang wajib ada dalam sebuah website sekolah, yaitu profil sekolah,  informasi alamat dan kontak sekolah, database siswa, database karyawan dan guru, fasilitas yang ada di sekolah, daftar kegiatan siswa, fasilitas pengumuman penting, agenda dan prestasi sekolah yang sudah dicapai.  

Komponen Yang disiapkan Untuk Membuat Web Sekolah 

  • Domain. Domain yang biasanya digunakan untuk sekolah adalah .SCH.ID.  Anda bisa membuat alamat website dengan menggunakan domain resmi atau domain popular. 
  • Hosting. Selain domain, anda juga membutuhkan hosting “sebagai rumah” bagi website anda untuk menampung berbagai dokumen dan file yang ditampilkan di dalam website anda. Pilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan sekolah. 
  • Data pendukung. Persiapkan data pendukung berupa data informasi guru, siswa, karyawan. Gali pula sejarah sekolah dan visi misi untuk ditampilkan di halaman depan untuk menarik siswa baru. 
  • Fitur website sekolah. Persiapkan pula fitur yang harus ada di website sekolah seperti galeri foto/video, E-learning, testimoni dari alumni, jurusan pada sekolah,  dan sebagainya. Jika memungkinkan, buat fitur chat sehingga pengunjung bisa mengirim pertanyaan kepada admin website untuk diteruskan kepada sekolah. 

Perlukah membuat Website Sekolah? 

Di era serba informasi, internet menjadi salah satu sumber informasi yang utama. Dengan memiliki website sekolah, maka ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh seperti di bawah ini. 

  • Sebagai Profil Untuk Sekolah 

Website profil sekolah merupakan sarana yang tepat sebagai media memperkenalkan sekolah kepada public. Dengan menggunakan website sekolah, maka pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai visi misi sekolah, kurikulum pendidikan, fasilitas sekolah, prestasi yang diraih oleh sekolah dan lain sebagainya. 

Hal ini pastinya akan bermanfaat bagi orang tua yang ingin mendapatkan institusi terbaik bagi pendidikan putra putri mereka. Dengan adanya website sekolah, orang tua bisa mendapatkan informasi mengenai sekolah hanya berbekal koneksi internet tanpa harus datang ke sekolah. 

  • Sebagai Media Publikasi.

Sebagaimana disebutkan di atas, website sekolah merupakan sarana untuk menyebarkan informasi mengenai sekolah, termasuk agenda dan program sekolah. Prestasi yang diraih oleh sekolah yang diunggah ke website sekolah bisa menjadi branding yang bagus untuk sekolah. 

  • Sebagai sarana Informasi untuk Siswa dan orang tua. 

Website sekolah bisa digunakan sebagai sarana informasi internal. Misalnya jika sekolah hendak membuat pengumuman penerimaan siswa baru, pengumuman mengenai kejuaraan sekolah, dan lain sebagainya. 

Website Sekolah Gratis 

Saat ini, terdapat beberapa layanan yang menggratiskan membuat website sekolah dengan menggunakan pihak ketiga. Salah satunya adalah dengan menggunakan Joomla. Ada pula beberapa penyedia jasa website yang memberikan layanan khusus gratis untuk website sekolah. Namun begitu, fitur ataupun fasilitas dari website gratis tentunya akan sedikit berbeda dengan domain dan hosting berbayar. 

Untuk harga domain SCH.ID ini relative terjangkau dengan kisaran harga Rp60.000 dengan syarat KTP Penanggung jawab, surat permohonan kepala sekolah, surat kuasa kepala sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran domain dan melampirkan SK Pendirian Lembaga dari kementerian atau SKPD terkait. Untuk biaya hosting sendiri, anda bisa menggunakan hosting murah yang bisa di bayar per bulan atau langsung setahun. 

Alternatif lain CMS untuk website sekolah antara lain:

  • CMS Balitbang.  CMS ini dikembangkan oleh Balitbang Kementerian Pendidikan. Kelebihan dari CMS ini adalah fitur lengkap. Kekurangannya adalah banyaknya celah sehingga mudah di retas. 
  • CMS Formulasi.  Dikembangkan oleh Forum Multimedia Edukasi. CMS ini sudah SEO friendly dan memiliki keamanan serta paket donasi dan premium untuk dipilih. 
  • CMS WordPress. CMS ini merupakan salah satu CMS popular untuk membuat website, termasuk website sekolah. CMS ini menawarkan berbagai fitur dan plugin serta keamanan untuk website sekolah. 

Penutup 

Adanya digitalisasi di semua aspek kehidupan mengharuskan sector pendidikan untuk harus proaktif dan mengikuti perkembangan zaman. Menggunakan CMS Terbaik Untuk Website Sekolah yang sesuai dengan kebutuhan sekolah akan membantu sekolah dalam proses pembelajaran dan tukar informasi serta edukasi. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *