fintech

Perkembangan Startup Finansial di Indonesia

Startup finansial Indonesia kini hadir guna memberikan kemudahan dan solusi kepada kalangan masyarakat yang ingin melakukan bisnis atau transaksi personal. Ada salah satu ahli yang mengatakan untuk financial technology saat ini dijadikan sebagai inovasi di dalam bidang keuangan.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas sampai dengan tuntas perihal perkembangan startup finansial di Indonesia. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran perihal startup finansial bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cakupan Startup Finansial di Indonesia

Setiap startup finansial mempunyai cakupan yang berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum untuk secara umum cakupan startup finansial di Indonesia yang harus dipahami adalah:

1. Pembayaran

Perkembangan teknologi yang terus meningkat seperti sekarang, berhasil memberikan perubahan terhadap banyak hal. Salah satunya adalah pertumbuhan startup finansial di Indonesia yang terus memunculkan teknologi baru.

Salah satu teknologi yang dimiliki oleh startup finansial adalah bisa antara konsumen dengan beberapa e-commerce. Teknologi kali ini sering disebut dengan pembayaran secara online.

Startup finansial tidak hanya bisa dilakukan secara online saja. Akan tetapi, Anda tetap bisa melakukan segala jenis transaksi secara offline. Pilih saja salah satu yang menurut Anda mempunyai cara paling mudah dan simple.

2. Pembiayaan

Pada salah satu startup finansial di Indonesia yang sedang naik daun, pasti menggunakan acuan pada fintech lending. Saat ini untuk fintech lending mempunyai hubungan dengan aktivitas pinjam-meminjam yang mempertemukan antara pendana dengan peminjam secara online.

Menurut laman OJK, terdapat 26 perusahaan yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Mungkin dahulu Anda sudah terbiasa dengan birokrasi yang merepotkan dan lebih banyak menghabiskan waktu. Akan tetapi, dengan kehadiran startup finansial dan fintech lending ini bisa menemukan Anda pada berbagai kemudahan.

3. Membandingkan Produk Keuangan

Cakupan startup finansial yang paling akhir adalah pembanding produk keuangan dengan financial aggregator. Financial aggregator adalah salah satu situs yang bisa memberikan informasi kepada khalayak seputar produk finansial.

Untuk informasi yang diberikan mulai dari penawaran, service dan promo yang sedang dimiliki. Bahkan, ada juga beberapa kredit, asuransi dan pinjaman juga bisa ditawarkan dengan cara financial aggregator.

Pembanding produk financial aggregator memberikan informasi kepada kalangan masyarakat secara komprehensif dan jelas. Sehingga, dengan hal tersebut tidak mengharuskan Anda untuk berkunjung ke bank terdekat.

Ada salah satu startup finansial dalam kategori media yang mempunyai banyak artikel berkualitas adalah Investbro. Di sana, terdapat banyak konten yang membandingkan produk finansial serta review untuk dibaca pengguna.

Menurut Crunchbase, Investbro dibentuk pada Januari 2021 oleh foundernya yaitu Yudha Situmorang.

Di dalam Investbro juga mempunyai banyak fitur yang berfungsi untuk mempermudah kalangan penggunanya seperti salah satunya yaitu kalkulator finansial.

Keuntungan Bergabung Pada Startup Finansial Indonesia

Setiap alat hasil perkembangan teknologi berhasil memberikan keuntungan yang berbeda-beda. Sama halnya di saat Anda bergabung pada salah satu startup financial Indonesia juga mempunyai keuntungan tersendiri. Untuk beberapa keuntungan yang bisa dirasakan secara langsung oleh para pengikutnya adalah:

1. Akuisisi Pelanggan

Semua bank yang ada di seluruh penjuru dunia mempunyai penawaran produk sama. Mungkin, untuk perbedaan yang paling menonjol dan terlihat pada bagian tarif nya saja.

Maka dari itu, dengan hal tersebut menjadi salah satu penyebab akuisisi pelanggan menjadi lebih mahal. Cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kolaborasi atau investasi pada salah satu startup finansial yaitu investbro.id.

Dengan melakukan cara tersebut bisa memberikan kemungkinan untuk memangkas biaya pengeluaran akuisisi. Selain itu, pihak startup finansial juga bisa memberikan layanan dan produk dengan margin yang lebih tinggi.

2. Mendapatkan Diferensiasi Pada Pasar

Beberapa bank besar bisa saja menghabiskan biaya sampai dengan miliaran rupiah pada setiap tahunya. Aliran dana tersebut berfungsi untuk membayar iklan, kampanye produk dan membayar fee pada beberapa agen kreatif.

Pada faktanya, untuk proses pembayaran iklan tidak berbeda jauh dengan beberapa produk lainnya. Perbedaan iklan pada startup finansial adalah mereka bisa saja membuat iklan yang lebih menonjol dengan melakukan promosi beberapa produk.

Ketika konsumen sudah menerima pesan baru, biasanya mereka akan cenderung merekam di dalam memori ingatannya. Bahkan, mereka juga akan lebih mudah untuk mengenali beberapa keunggulan dan citra inovasi dari semua produk yang dimiliki oleh startup finansial.

3. Mempunyai Risiko yang Lebih Rendah

Sampai dengan saat ini pihak bank terus berjuang untuk menurunkan risiko pada pinjaman. Selain itu, untuk layanan yang satu ini dianggap paling menguntungkan dibandingkan lainnya.

Dengan adanya startup finansial Indonesia memberikan kemungkinan kepada pihak bank untuk mengumpulkan semua informasi tentang klien nya sebelum mengajukan pinjaman. Tentu saja, dengan hal tersebut bisa menurunkan risiko menjadi lebih rendah lagi.

Paling pentingnya lagi dengan mencari banyak informasi klien bisa mengetahui status keuangan dari konsumen tersebut. Setidaknya, dengan informasi tersebut bisa membantu pihak bank untuk mengambil sebuah langkah.

4. Menghemat Waktu

Adanya startup finansial Indonesia semua hal bisa dilakukan secara mudah dan lebih menghemat waktu. Anda juga bisa melakukan penyalinan dengan mudah dan cukup meminta bantuan dari Departemen TI saja.

Akan tetapi, untuk masalah hemat waktu pada salah satu startup finansial juga bergantung pada visi misi yang dimilikinya. Artinya, untuk menghemat waktu bisa mempunyai visi dan misi secara jelas.

Tidak hanya itu saja, dengan mempunyai visi misi yang jelas bisa dijadikan alat untuk mengejar ketertinggalan. Sedangkan, untuk startup finansial yang sudah tertinggal bisa mengejar lebih cepat lagi.

5. Mendapatkan Informasi Lebih Banyak

Semua perusahaan telekomunikasi mempunyai keinginan dan tertarik untuk bergabung pada salah satu startup finansial Indonesia. Selain itu, pada salah satu startup Indonesia juga mempunyai uang dan basis pelanggan yang kuat.

Dua hal tersebut dijadikan alat untuk menawarkan produk lebih banyak lagi kepada kalangan masyarakat. Paling pentingnya lagi semua penawaran produk bisa dilakukan secara online.

6. Memberikan Perubahan Terhadap Internal Perusahaan

Untuk bank konvensional tradisional pada umumnya mempunyai beberapa ribu dan puluhan karyawan. Sebagian pegawai bank tersebut mempunyai peran yang sangat baik dan bisa menghasilkan laba.

Sehingga, dengan hal tersebut membuat pihak bank kesulitan di saat ingin memecat karyawan tersebut. Akan tetapi, untuk pihak departemen SDM dan manajemen juga akan merasa kesulitan melakukan perubahan cara berpikir guna melihat dunia yang baru.

Pada konteks yang satu ini, membeli startup finansial seperti melakukan transfusi darah. Artinya adalah dengan hal tersebut bisa dijadikan alat untuk menyadarkan kembali tubuh yang sudah menua.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi harus dilakukan secara teliti. Paling tidak Anda harus paham betul dengan salah satu startup finansial yang mempunyai kualitas terbaik.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai startup finansial Indonesia. Diharapkan dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi kepada Anda yang ingin bergabung pada salah satu startup finansial Indonesia.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.